Kamis, 17 September 2015

Program Kerja Tata Usaha SMPN 1 Kopo



NO URUSAN URAIAN RENCANA SASARAN WAKTU PELAKSANAAN
1 KEPEGAWAIAN a. Buku Induk Pegawai (BIP) Teradministrasikannya BIP Juli s.d Juni
b. Daftar Urut Kepangkatan (DUK) Tersusunnya DUK sesuai dengan aturan yang berlaku Desember
c. Daftar Penilaian Pelaksaan Pekerjaan (DP3) Teradministrasikannya Penilaian Kepela Sekolah tentang kinerja guru & pegawai Desember
d. Daftar Riwayat Hidup  (DRH) Terealisasinya DRH bagi guru dan pegawai (PNS,CPNS,GB,GTT & TUTT) Juli s.d Juni
e. Kenaikan Pangkat Terprosesnya berkas angka kredit guru (DUPAK) April dan Oktober
Terealisasinya kenaikan pangkat bagi staf TU dan Guru April dan Oktober
f. Kenaikan Gaji Berkala (KGB) Terealisasinya usulan KGB Juli s.d Juni
g. Tunjangan keluarga Terealisasinya usulan tunjangan keluarga Juli s.d Juni
h. Taspen Terealisasinya usulan pemberkasan taspen Juli s.d Juni
i Askes Terealisasinya usulan pemberkasan askes Juli s.d Juni
j Karpeg Terealisasinya usulan pemberkasan karpeg Juli s.d Juni
k Satyalencana Terealisasinya usulan pemberkasan satyalencana Pebruari
l Karis/Karsu Terealisasinya usulan pemberkasan karis/karsu Juli s.d Juni
m Mutasi Guru dan Pegawai Terprosesnya administrasi mutasi Guru dan Pegawai (mutasi masuk & keluar) Juli s.d Juni
n Pemberhentian/Pensiun Terprosesnya administrasi pemberhentian/pensiun guru dan pegawai Juli s.d Juni
2 KEUANGAN RUTIN a. Perencanaan anggaran meliputi :
- Pengumpulan data  Terkumpulnya usulan data kebutuhan sekolah (bahan praktek),sarana,ketatausahaan April
- Pembuatan konsep Rencana Kerja Anggaran (RKA) awal Tesusunnya RKA awal Mei
- Penyusunan Rencana Kerja Anggaran (RKA) Tesusunnya RKA berdasarkan Plafon anggaran dari Bapeda September
- Pengajuan RKA  Terpenuhinya usulan RKA Oktober
- Asistensi/verifikasi RKA Terujinya usulan RKA Oktober
b. Pelaksanaan Realisasi Anggaran meliputi :
 Dokumen Pelaksanaan Anggran (DPA) Diterima DPA sebagai dasar pengajuan anggaran belanja tak langsung, belanja langsung dan belanja modal Januari
- Surat Penyediaan Dana (SPD) Terealisasinya SPD
- Pembayaran gaji Terbayarnya gaji & tunjangan lainnya untuk guru dan pegawai Januari s.d Desember
- Pengajuan Surat Permintaan Pembayaran (SPP) Terprosesnya pengajuan SPP Januari s.d Desember
- Penerbitan Surat Permintaan Pembayaran (SPM) Disetujuinya usulan SPP Januari s.d Desember
- Usulan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) Terealisasinya Penerbitan SP2D sebagai dasar pengambilan dana di Bank Januari s.d Desember
- Surat Pertanggung Jawaban keuangan (SPJ)
  1. Administrasi buku cek Pengambilan uang di Bank Januari s.d Desember
  2. Perencanaan belanja Pelaksanaan Belanja berdasarkan SPD Januari s.d Desember
  3. Realisasi belanja Terealisasinya belanja langsung dan belanja modal Januari s.d Desember
  4. Pemungutan & Penyetoran Pajak Terlaksananya pungutan dan penyetorn pajak 
c. Pelaporan pelaksanaan anggaran meliputi : Terealisasinya kelengkapan administrasi dan pelaporan pelaksanaan anggaran Januari s.d Desember
- Pengetikan Kwitansi dan nota pembelian
- Pengetikan berita acara belanja barang
- Buku Kas Umum
- Jurnal
- Buku Besar
- Buku Besar Pembantu
- Buku Bank
- Buku Cek
- Buku Pajak
- Buku Register SPP
- Buku Register SPM
- Kartu Kendali Keuangan
- Pengesahan SPJ
- Pelaporan pajak
- Nerana ahir
- Laporan Surplus/Devisit
- Laporan Arus Kas
d. Pengemabalian sisa anggaran Terealisasinya setoran anggaran Uang Persediaan (UP) Desember
e. Pembuatan SPT Pajak tahunan Guru dan Pegawai Terealisasinya pelaporan SPT tahunan untuk 46 orang Guru dan Pegawai 31 Maret
3 KEARSIPAN/KESEKRETARIATAN a. Pengelolaan Surat Masuk meliputi :
- Penerimaan Surat Tercovernya berita Januari s.d Desember
- Pencatatan ke dalam Disposisi Dasar pendelegasian tugas dari kepala sekolah Januari s.d Desember
- Pencatatan ke dalam Kartu Kendali Surat Masuk Teradministrasinya Surat masuk berdasarkan tanggal dan nomor urut Januari s.d Desember
- Pengarsipan surat masuk Tersusunnya arsip surat masuk berdasarkan kode klasifikasi Januari s.d Desember
b. Pengelolaan Surat Keluar meliputi :
- Pembuatan konsep surat Terciptanya konsep surat yang terarah/sesuai tujuan surat Januari s.d Desember
- Pengajuan konsep surat ke Kepala Sekolah Diketahui dan disetujui kepala sekolah Januari s.d Desember
- Pengetikan surat Terealisasinya pengetikan surat keluar Januari s.d Desember
- Persetujuan/penanda tanganan surat keluar Terealisasinya surat resmi yang akan dikeluarkan. Januari s.d Desember
- Penomoran dan pengkodean Surat Keluar Teradministrasinya nomor urut dan Kode Surat Keluar Januari s.d Desember
- Pengarsipan surat keluar Tersusunnya arsip surat keluar berdasarkan kode klasifikasi Januari s.d Desember
c. Mengurus pelaksanaan rapat  Terselenggaranya rapat dengan lancar (membuat undangan s.d notulen) Januari s.d Desember
d. Pelaporan Surat Masuk dan Surat Keluar Tercapainya pelaporan surat masuk dan surat keluar ke Kepala Sekolah dan Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Daerah. Januari s.d Desember
4 ADMINISTRASI KESISWAAN a. Data siswa Tersusunnya data siswa per kelas dan per jurusan Juli s. d Juni
b. Buku Klaper Teradministrasikannya Data/nama Siswa berdasarkan urutan abjad Juli 
c. Buku Induk Siswa Teradministrasikannya Buku Induk Siswa (nomor Induk siswa) Juli
d. Absensi siswa  Tersedianya daftar absen siswa dan rekapitulasi per kelas setiap bulan Juli s. d Juni
e. Mutasi siswa Teradministrasikannya mutasi siswa keluar/masuk Juli s. d Juni
f. Legalisir dokumen Terlaksananya legalitas dokumen (ijazah, NEM, transkrip, raport dll) Juli s. d Juni
5 ADMINISTRASI BEASISWA a. Data siswa Sebagai bahan usulan calon penerima beasiswa Juli s. d Juni
b. Usulan beasiswa Terprosesnya berkas usulan beasiswa Juli s. d Juni
c. Pelaksanaan administrasi Terealisasinya dana beasiswa dari instansi terkait, pengalokasian dana beasiswa kepada siswa yang berhak menerima Juli s. d Juni
d. Pelaporan Terlaksananya laporan beasiswa tepat waktu Juli s. d Juni
Mengetahui,                                                  Kopo,      Juli   2015
Kepala Sekolah                                                  Kepala Tata Usaha
Ook Saleh Nurdin,S.Pd.
NIP.19570617 198101 1 002                                                 Endang Rustandi,SE
                                                                                                                                  NIP. 19720724 2000031003